Batas Normal Kadar Gula dalam darah bagi penyakit diabetes

Batas Normal Kadar Gula dalam darah bagi penyakit diabetes ,- Memiliki kadar gula darah normal pada tubuh sangat penting bagi orang yang sehat mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan gula darah termasuk berapa kadar normalnya dan berapa kadar gula darah yang tak normal.

gula-darah

Sehingga akan selalu menjaga dan mengantisipasi agar jangan sampai jatuh ke diabetes melitus.

Kadar Gula Darah Normal

Kadar gula darah akan berubah tergantung kapan mengukurnya yang terkait dengan waktu makan, serta berapa banyak makannya.

Oleh karena itu, terdapat nilai gula darah normal saat puasa, dua jam setelah makan, dan gula darah sesaat. Berikut nilai normal masing-masing:

  • Gula Darah Puasa (GDP). Maksudnya adalah gula darah yang diukur pada saat seseorang tidak makan atau minum sesuatu yang mengandung gula selama delapan jam terakhir, nilai normal gula darah puasa adalah antara 70 dan 100 mg/dL.
  • Gula darah 2 jam setelah makan (GDPP). Kadar gula darah yang diambil (diukur) pada saat 2 jam setelah makan kurang dari 140 mg/dL.
  • Gula Darah Sesat (GDS). Pengukuran kadar gula darah kapan saja selain waktu di atas, nilai normalnya adalah 70 – 200 mg/dL.
  • Prediabetes
    Merupakan kondisi dimana seseorang berisiko tinggi terkena diabetes. Hal ini dapat dicegah atau ditunda agar tak jatuh ke diabetes dengan cara meningkatkan aktivitas fisik, makan makanan sehat, dan mempertahankan berat badan tetap ideal. #Batas Normal Kadar Gula dalam darah bagi penyakit diabetes

Pra-diabetes didiagnosis dengan salah satu dari berikut ini:

  1.  Glukosa darah puasa di antara 100-125 mg/dL
  2.  A1c antara 5,7-6,4 persen
  3.  Tes toleransi glukosa oral dua jam dengan nilai antara 140 mg/dL dan 199 mg/dL.

Cara Mempertahankan Kadar Gula Darah Normal

Menjaga kadar gula darah agar dalam angka normal sangat penting. Gula darah terlalu rendah (hipoglikemia) atau tinggi (hiperglikemia) bisa berdampak negatif pada tubuh Anda.

Jika gula darah Anda di bawah 70 mg/dL maka Anda mengalami hipoglikemia. Anda dikatakan mengalami hiperglikemia jika kadar gula darah Anda lebih dari 200 mg/dL.

Apa yang Terjadi Jika Gula Darah Terlalu Tinggi?

Kadar gula darah Anda dikatakan terlalu tinggi jika melebihi angka 200 mg/dL. Dalam ilmu medis, kadar gula darah terlalu tinggi disebut hiperglikemia.

Kondisi ini terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup insulin maupun akibat resistensi insulin, yaitu hormon yang dilepas oleh pankreas.

Insulin berfungsi menyebarkan gula dalam darah ke seluruh sel-sel tubuh agar bisa diproses menjadi energi.

Kebanyakan kondisi ini dialami oleh penderita diabetes yang tidak bisa menjalani gaya hidup sehat, misalnya terlalu banyak makan, kurang berolahraga, atau lupa mengonsumsi obat diabetes atau insulin.

Kondisi lain yang menyebabkan hiperglikemia pada penderita diabetes adalah:

  • Stres.
  • Mengonsumsi obat-obatan steroid.
  • Sedang menjalani operasi.
  • Sedang terinfeksi penyakit tertentu.

Jika kadar gula darah Anda melebihi 350 mg/dL, bisa menyebabkan bahaya serius seperti ketoasidosis diabetik atau sindrom diabetes hiperosmolar.

Apa yang Terjadi Jika Gula Darah Terlalu Rendah?

Gula darah terlalu rendah atau hipoglikemia terjadi ketika kadar gula darah Anda berada di bawah 70 mg/dL.

Kondisi ini juga umum terjadi pada penderita diabetes. Efek samping dari obat-obatan yang digunakan untuk mengobati diabetes bisa menurunkan kadar gula darah secara berlebihan.

Insulin pada penderita diabetes umumnya tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, penderita diabetes diharuskan mengonsumsi insulin atau obat-obatan yang bisa menurunkan kadar gula darah.

Sayangnya, karena dikonsumsi terlalu banyak, insulin atau obat anti-diabetes bisa membuat gula darah turun drastis.

Hipoglikemia akan cepat terjadi jika insulin atau obat anti-diabetes tidak diiringi oleh asupan makanan yang cukup atau justru tidak makan sama sekali. Olahraga yang berlebihan juga bisa memicu kondisi ini.

Mungkinkah Gula Darah Kembali Normal ???

Bagi penderita diabetes, gula darah yang kembali normal merupakan impian mereka yang artinya mereka benar-benar terbebas dari penyakitnya.#Batas Normal Kadar Gula dalam darah bagi penyakit diabetes

Akan tetapi sayangnya untuk mendapatkan kembali kadar gula darah yang normal akan sulit sekali untuk dicapai.

Paling tidak, penderita harus bisa menjaga kestabilan kadar gula darahnya agar tidak terus-menerus meningkat.

stop-diabetes

Maka dari itu untuk anda yang tidak terkena penyakit diabetes harus tetap menjaga kenormalan kadar gula dalam darah, sedangkat untuk penderita diabetes harus menjaga kadar gula dalam darah tidak terus-menerus meningkat.

Cara untuk menormalkan atau menurunkan kadar gula dalam darah anda bisa >>> klik disini !!! <<<

Batas Normal Kadar Gula dalam darah bagi penyakit diabetes Melitus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *